FOTO TERBARU HUTAN TROPIS INDONESIA



Menurut data State of the World’s Forests 2007’ yang dikeluarkan the UN Food & Agriculture Organization’s (FAO), angka deforestasi Indonesia 2000-2005 1,8 juta hektar/tahun. Sedangkan Brazil dalam kurun waktu yang sama 3,1 juta hektar/tahun dengan gelar kawasan deforestasi terbesar di dunia. Namun karena luas kawasan hutan totalIndonesia jauh lebih kecil daripada Brasil, maka laju deforestasiIndonesia menjadi jauh lebih besar. Laju deforestasi Indonesia adalah 2% per tahun, dibandingkan dengan Brasil yang hanya 0.6%.

Tingginya angka deforestasi ini, juga terlihat di Jambi, berdasarkan analisis peta citra satelit yang dilakukan KKI Warsi dan Birdlife Indonesia, dalam kurun 10 tahun Jambi kehilangan 1 juta hektar hutannya. penyebabnya ketidak mampuan aparat penegah hukum untuk mengegakkan aturan untuk menghentikan aksi-aksi destruktive logging. Padahal segala dampak nyata akibat kerusakan hutan telah dirasakan, banjir, kekeringan, erosi, longsor, sedimentasi dan sebagainya

Dampak lainnya yang juga kini mengancam manusia akibat laju kerusakan hutan adalah berkembangnya berbagai virus yang mematikan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Hadi S Alikodra, Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB Bogor. Menurutnya perkembangan virus flu burung yang telah merenggut puluhan jiwa Orang Indonesia sejak dua tahun belakangan ini tidak lepas dari deforestasi yang tinggi di negeri ini.

Jumlah mikroba yang hidup di alam seimbang dengan ekosistemnya sehingga tidak sampai menyerang manusia. Tapi apa lacur! Manusialah yang merusak ekologi mikroba tersebut. Hasilnya: keseimbangan hidup mikroba pun berubah. Dan perubahan itu menyebabkan mikroba mengalami transformasi dalam kehidupannya. Mikroba transformatif itulah yang akhirnya menyerang manusia.

Flu burung merupakan penyakit yang menular lewat pernafasan. Berdasarkan penelitiannya di Cina, penyebab kedua penyakit tersebut adalah polusi udara dan penebangan hutan yang sewenang-wenang. Polusi udara di Cina saat ini sudah mencapai tahap yang sangat berbahaya. Kondisi tersebut ditambah lagi dengan minimnya suplai oksigen (O2) yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Seperti diketahui, suplai oksigen terbesar berasal dari hutan. Jika hutan itu rusak, maka suplai oksigen pun berkurang. Dampaknya luar biasa: mikroba akan tumbuh subur dan perkembangbiakannya tak terkendali. Sebab, oksigen – yang bila terkena sinar ultraviolet dari matahari berubah menjadi ozon (O3) dan O nascend – adalah pembunuh mikroba dan virus yang amat efektif.

Bila oksigen itu berkurang, pembunuh mikroba dan virus pun berkurang. Dampaknya, mikroba dan virus akan makin berkembang, hingga muncullah varian baru virus flu burung HxNy, dengan yang kini menyerang manusia merupakan farian H5N1. So, apakah kita akan birakan hutan hancur dan virus, bakteri dan mikroba lain yang selama ini hidup tenang dihabitatnya gentayangan dengan beragam varian dan siap menyerang manusia?

ini perkiraan hutan di bumi pada 1 abad yang lalu

ini perkiraan hutan di bumi sekarang.ini menjadi bukti bahwa di bumi ini hanya 3 hutan hujan saja yang tersisa.hutan hujan di amazon,hutan di afrika,dan hutan hujan di indonesia.

inilah hutan indonesia gan.sangat luas sekali,bahkan katanya negara ini 70 % wilayahnya nya ditutupi oleh hutan pada 50 tahun yang lalu.

coba kita lihat perkiraan hutan kalimantan dari tahun ke tahun.

ini foto pulau kalimantan yang diambil dari google earth.disini bisa dilihat dan menjadi bukti pulau kalimantan sudah tidak se “hijau” dulu lagi.

setelah kita zoom di pulau kalimantan,mulai terlihat kemana hilangnya hutan di pulau tersebut.

inilah hutan kalimantan sekarang.tragis bukan? foto ini diambil pada tanggal 6 juni 2010 dari udara oleh aktivis green peace,aktivis yang mengecam aksi pengrusakan hutan di dunia ini.

foto yang diambil agak jauh memperlihatkan seberapa besar hutan kalimantan yang hilang.

foto ini menunjukkan sebagian kecil dari pengrusakan hutan di kalimantan yang dilakukan oleh perusahaan industri disana.bagaimana reaksi agan2 sekalian?

terlihat jelas di foto ini sebuah alat berat sedang meratakan pohon pohon yang tinggal sedikit,tanpa rasa ampun demi hanya mendapatkan uang.

ini foto dari sudut lain penebangan hutan di kalimantan.benar benar dibabat habis!

dan inilah yang terjadi dengan satwa eksotik khas indonesia “orang utan”,kehilangan habitatnya dan jadi buruan untuk diperjual belikan.

inilah persentase hutan kalimantan dari tahun ke tahun.dalam kurun waktu 5 tahun kita kehilangan 6-7 % hutan tropis kita!!.dan dalam waktu 10 tahun ke depan hutan di indonesia diperkirakan hanya tinggal 20% saja atau kurang.

ini penampakan hutan di sumatra,tidak berbeda jauh dengan di kalimantan

MEREKA!!! generasi penerus bangsa ini….mereka yg menanggung akibatnya.

Sumber: kaskkus.us

About these ads

Perihal ridhanu
I'm Network Engineer, Bankir, Born May 12, 1988 on Barabai. My twitter: @ridhanu, facebook: ridhanu@yahoo.co.id, mobile phone: 0852 4936 4064, email: ridhanu@gmail.com

28 Responses to FOTO TERBARU HUTAN TROPIS INDONESIA

  1. azhari mengatakan:

    Blh saya sebrkan d FB artikel n foto2 ne brother?

  2. ridhanu mengatakan:

    Oh,,,sangat boleh Mas/Mba…
    Monggo, makin banyak yang tau makin bagus…(^_^)

  3. Pemerhati hutan mengatakan:

    Astaga..gile bener perusak hutan neh.. Pemerintah harus tegas thd pnebang liar hutan..! . ini tdk bisa dibiarkan lm2 dirusak bgt sj oleh tangan2 yg tdk brtnggung jwb., Yg sharusny kt jaga dan lestarikan alam hutan bumi ini..

  4. ridhanu mengatakan:

    Sepakat Gan…

  5. Aan mengatakan:

    aku benar-benar mau nangis..

  6. Teguh mengatakan:

    Alhamdulillah, saya salut ada anak muda yg peduli pada hutan, alangkah baiknya bila disertai data kerusakan hutan utk tiap pulau..dan pada daerah mana foto2 itu diambil apakah memang pada kawasan hutan lindung/produksi/konservasi…mudah2an data/foto itu berada pada hutan konversi..kawasan yg memang bisa dikonversi.. ato pada kawasan datar yg akan dibangun hutan tanaman/monokultur…terlepas dari itu semua ..saya salut pada saudara…karena makin banyak kontrol dari masyarakat makin bagus… agar pemerintah harus super hati2 dalam melaksanakan kebijkannya di bidang kehutanan…Bravo..!

  7. TAUFIK HIDAYATTULLOH mengatakan:

    KOK TEGA MANUSIA SEKARANG,WAKTUNYA YANG MUDA MELESTRIKAN HARTA NEGRI YANG HAMPIR MUSNAH……………………..

  8. rio mengatakan:

    pesan saya:
    1. sangat bodoh orang indonesia yang menebang pohon, dan membabat hutan Indonesia sendiri. karena mereka pengrusak generasi penerus Indonesia.
    2. jangan heran kalau Indonesia akan terus mengalami bencana alam, seperti banjir, longsor, gempa bumi, tsunami, dll, yang mengakibatkan korban yang sangat banyak.
    3. jangan memikirkan EKONOMI / UANG DARI HUTAN melainkan memikirkan EKOLOGI HUTAN DALAM ARTI, BANYAK TUMBUHAN (POHON), BANYAK HEWAN LANGKAH MAUPUN TIDAK LANGKAH, dan kehidupan manusia yang terkontrol
    4. MARILAH MENANAM POHON YANG BANYAK

  9. ridhanu mengatakan:

    Setuju dengan Rio…

  10. Upera mengatakan:

    di kampung saya,pemerintah daerah terus berupaya melakukan rehabilitasi lahan dan hutan mulai tahun 2005, tapi ko’ kayanya ngga ada apa-apanya di banding kerusakannya cz perizinan hutan jalan terus…Gmana ya mas kaya ‘Siput (rehabilitasi/penanaman)’ yang mengejar kucing (penebangan)….gitu kira-kira…

  11. arno mengatakan:

    wah…wah….wah…astaghfirullahaladzim, sadarlah…… demi urusan dunia kau tinggalkan kerusakan yang begitu parah. INGAT KAUAKAM MATI DAN TAK AKAN MEMBAWA HARTA KE ALAM AKHIRAT NANTI dan orang-orang semacam kalian Allah telah menjanjikan kelak kalian akan dimasukan keneraka jahanam yang paling dalam….maka tobat dan berhentilah berbuat kerusakan dimuka bumi ini.

  12. nur hasan mengatakan:

    astagfirulloh…………
    memang benar ayat2 alqur’an..bahwa kerusakan dan kehancuran bumi disebabkan oleh tangan manusia…
    yaa allah moga2 semua manusia sadar akan manfaat penghijauan dan mau melestarikan alam bukan menghancurkan……manusia memang tidak pernah puas dalam segala apapun tapi alangkah indahnya bila disyukuri yang sudah kita miliki………

  13. Shura Shanjaya mengatakan:

    eamang benar kerusakan hutan karena tangan tangan manusia sendiri,jangan menyalahkan tuhan,tuhan sudah menediakan nya di semua alam,tapi manusianya yg tdk berpikir,di karenakan tidak pahamnya al quran,maka ajab datang oeh manusianya karena pohon dan laut selalu di rusak,bagai mana nantinya alam kalau tdk di selamatkan dari sekarang,anak cucu kita nanti yg akan menggalaminya dengan susah,maka dari itu yuuuu kita bersama sama selamatkan alam indonesia untuk kemajuaan bangsa indoneisa yg kuat nantinya ,ammin.

  14. Dell inspron Driver mengatakan:

    Semoga para benebang hutan itu sadar betapa penting nya hutan bagi kehidupan didunia

  15. yanti rumbiyanti mengatakan:

    jangan biarkan terus menerus tanah air kita dirusak, mari lakukan hal-hal yg bisa menyelamatkan bumi kita sekecil apapun,ada banyak keuntungan yg bisa kita peroleh,ingat kita hanya peminjam bumi ini, bagaimana untuk anak-anak kita nanti,jika kita biarkan bumi kita ini terus menerus dirusak oleh orang-orang yg hanya mementingkan perutnya sendiri, ayo…….

  16. cancergirl mengatakan:

    Astagfirulloh….benar” gk da nalar sm sekali yg menebang hutan smpek sperti tu..
    panteslah Indonesia kena bencana terus..orange gk ramah sma lingkungan sperti tu, alam pasti akan membalas…

  17. andi nugroho mengatakan:

    setuju…. aku turut prihatin… ayuk kita bersama kembalikan hutan Indonesia…
    sipp..!

    wah, jadi tambah semangat belajar silvikultur…

  18. Juragan Leuweung mengatakan:

    Lanjutkan perjuanganmu anak muda demi anak cucu kita…save our green forest for a future…

  19. syahrial mengatakan:

    menjaga alam itu baik bung. bayangkan kalau indonesia nantinya akan menjadi gurun

  20. Dorwansyah mengatakan:

    Ayo……. semua kita lestarikan hutan kita Indonesia tercinta demi anak dan cucu kita nantinya…..

  21. julian maulidan bin jamluddin mengatakan:

    ini demi bangsa kita kawan ??
    tidakkah anda berpikir ??
    hutan ini adalah salah satu yang membantu kita untuk hidup ,,,
    yaitu dengan mengeluarkan oksigen..
    camkan itu kawan

  22. Ping-balik: Hutan Kalimantan yang Semakin Gundul « Agus Nizami

  23. sri dosomuko mengatakan:

    ya itu foto “land clearing”… setelah itu kan ditanami…
    yang supervisi juga sarjana kehutanan tentunya…
    jika orang utan cuma satu kan tidak viable…
    coba WWF atau Greenpeace skali kali pegang
    kawasan konservasi yang paling bermasalah…
    bisa gak ngatasi…??

  24. Leo Kusuma mengatakan:

    terima kasih buat info dan fotonya. sekedar tambahan saja, andai bangsa dan negara ini mampu untuk mengelola potensi kelautan dan pesisir, maka bangsa ini tidak perlu lagi terlalu sering melakukan perusakan hutan tropis. gambaran di atas sudah bisa memberikan kesimpulan ttg betapa gagalnya suatu perencanaan pembangunan untuk mewujudkan pembangunan yg berkelanjutan. saya tidak mendengar dan tidak peduli dgn suara-suara WWF ataupun Greenpeace, saya sebagai bangsa yg berdaulat punya prinsip sendiri. bagi saya, semua masukan perlu untuk didengarkan.

  25. Jho mengatakan:

    astaga… manusia hanya memikirkan sekarang nya saja.. dan gk tau apa dan gimana kedepan nya jika hutan smakin habis aj .. gimana dunia ini esok jika tanpa hutan,,??

  26. albenandal mengatakan:

    thxs sdh share…. sangat berguna utk membuka mata org2 kalimantan…

  27. prayitno mengatakan:

    semoga Allah melaknat orang orang yang senantiasa berbuat kerusakkan

  28. balqisa mengatakan:

    terimakasih atas tulisannya, sangat bermanfaat dan menjadi informasi baru buat saya sendiri. Semoga dapat membuka mata kami untuk lebih peduli menjaga dan melestarikan hutan indonesia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: