Linux


Linux secara teknis merupakan sebuah kernel yang menjalankan komputer dalam mode low level. Secara umum saat ini Linux merupakan gabungan kernel dan program-program tambahan lainnya (kernel, driver, X Window, fonts, dan lain-lain) yang bersifat multitasking, multiuser sehingga menjadi sebuah sistem operasi lengkap.

Pada saat ini, GNU/Linux sudah menjadi sebuah sistem operasi yang lengkap, tidak hanya digunakan sebagai sistem operasi pada server, tetapi juga sebagai sistem operasi untuk komputer desktop. Pada saat ini sudah banyak tersedia aplikasi-aplikasi untuk komputer desktop seperti spreadsheet, word processor, grafis, game, dan lain-lain, dimana program bebas untuk digunakan.

Beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dengan menggunakan GNU/Linux adalah:

  1. Bebas Crash, hal ini berarti pada GNU/Linux kita tidak akan pernah mengalami seperti halnya pada Windows, dimana sering muncul pesan error yang membuat sistem Windows harus di restart. Pada GNU/Linux, kita bisa menggunakannya selama bertahun-tahun tanpa membutuhkan untuk direstart. Walaupun bebas dari crash, kadang-kadang program yang berjalan di dalam OS GNU/Linux juga mengalami crash, tapi tidak mengganggu keseluruhan sistem seperti halnya pada Windows.
  2. Lebih aman daripada Windows, karena GNU/Linux pada awalnya lebih bersifat untuk server, maka sistem security dari GNU/Linux itu jauh lebih baik dibanding Windows. Setiap file memiliki owner dan hak akses tersendiri, dimana hanya user yang berhak yang bisa melakukan modifikasi terhadap file tersebut. GNU/Linux mengenal super user yang dikenal dengan nama root, yang merupakan user yang bisa melakukan apa saja dalam sistem GNU/Linux.
  3. Bebas (Free), free disini berarti untuk bisa menggunakan GNU/Linux, kita tidak perlu membeli lisensi seperti halnya pada Windows. Kita bisa menggunakan dengan bebas, begitu juga dengan update untuk program yang terinstall pada GNU/Linux, kita bisa melakukan update tanpa harus membayar untuk update tersebut. Kita bisa memperoleh Sistem Operasi GNU/Linux dari orang lain, meng-copynya tanpa harus takut dengan masalah lisensi. Free bukan berarti gratis tapi bebas untuk menggunakan, memodifikasi atau bahkan menjualnya.
  4. Tidak butuh hardware terbaru, GNU/Linux bisa bekerja pada hardware-hardware lama karena tidak membutuhkan resource yang besar, kecuali jika ingin menggunakan X Window untuk desktop serta effect seperti beryl, compiz yang membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi.

Perihal ridhanu
I'm Network Engineer, Bankir, Born May 12, 1988 on Barabai. My twitter: @ridhanu, facebook: ridhanu@yahoo.co.id, mobile phone: 0852 4936 4064, email: ridhanu@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: