Ubuntu Server


Ubuntu adalah sistem operasi bebas yang lengkap dan open source berbasis GNU/Linux Debian, mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli. Ubuntu merupakan proyek yang didanai oleh Canonical Ltd milik Mark Shuttleworth. Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa yang dalam bahasa Inggris berarti “Humanity towards other” bisa di artikan sebagai “rasa kemanusian terhadap sesama”.

Pihak pengembang yaitu Canonical Ltd, memiliki deskripsi tersendiri untuk ubuntu yaitu “Ubuntu is a community developed operating system that is perfect for laptops, desktops and servers. Whether you use it at home, at school or at work Ubuntu contains all the applications you’ll ever need, from word processing and email applications, to web server software and programming tools”. Deskripsi ini memiliki beberapa kata kunci diantaranya sebagai berikut :

  • Dikembangkan oleh komunitas.
  • Cocok untuk laptop, desktop dan server.
  • Dapat digunakan di rumah, sekolah dan dunia kerja
  • Memuat semua aplikasi yang dibutuhkan

Sistem operasi ubuntu server dapat dipasang pada beberapa tipe arsitektur komputer diantaranya Intel X86, AMD64, ARM, SPARC, PowerPC, Itanium64 bahkan pada Playstation3. Ubuntu server memiliki kebutuhan sistem minimum yang harus dipenuhi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Prosesor 300Mhz
  • Memory 64MB
  • HDD 500MB
  • VGA 640×480

Kebutuhan diatas merupakan minimum ketersediaan pada komputer untuk dapat bekerja dengan ubuntu server. Namun demikian, semakin besar layanan maupun penggunaan server, sebaiknya disediakan sumber daya komputer yang lebih tinggi untuk memperlancar proses komputasi yang terjadi pada server.

Ubuntu Server merupakan sistem operasi yang mendukung banyak sekali aplikasi-aplikasi server yang handal. Karena Ubuntu mempunyai sebuah repository. Repository adalah sebuah dukungan dari Ubuntu yang berisi program-program dari beberapa paket perangkat lunak yang dijadikan satu bundel atau generalisasi untuk mendukung end user dalam hal menginstal beberapa aplikasi(Official Ubuntu Documentation, 2011).

Di tambah dengan adanya Advanced Package Tool atau yang lebih dikenal dengan nama APT merupakan alat yang digunakan untuk melakukan manajemen perangkat lunak melalui command line pada distro berbasis Debian. Dalam menginstal perangkat, alat ini secara otomatis akan memeriksa dependencies serta menginstalnya jika diperlukan. APT di desain untuk mampu secara otomatis mencari dan mendownload packages yang dibutuhkan.

Kelebihan Distribusi Ubuntu

Ubuntu server sebagaimana dijelaskan sebelumnya merupakan pengembangan dari distribusi debian. Gambar diatas mengilustrasikan bagaimana susunan pengembangan sistem operasi ubuntu dengan berbagai kelebihan distribusi debian diantaranya adalah :

  • Packaging
  • Application choice
  • Updates
  • Stability & quality

Kelebihan pertama adalah adanya pemaketan yang memudahkan pengguna menambahkan maupun mengatur aplikasi apa saja yang ada pada server. Lebih dari 17000 paket perangkat lunak tersedia untuk distribusi ubuntu mulai dari paket-paket aplikasi, data hinggalibrary yang dibutuhkan dalam proses kerja aplikasi tersebut. Dikenal adanya Advanced Packaging Tools (APT) pada distribusi ubuntu yang merupakan bawaan dari debian. APT ini merupakan satu aplikasi yang mengatur keseluruhan paket yang ada di dalam komputer maupun menghubungkan dengan paket-paket yang ada pada server repositori sehingga dapat ditambahkan maupun di konfigurasi ke dalam sistem operasi ubuntu.

Kelebihan kedua adalah adanya pilihan aplikasi yang sangat luas pada sistem operasi ubuntu. Pilihan aplikasi ini dibebaskan pada pengguna untuk memilih dari sekian banyak aplikasi yang ada pada repositori, mana yang hendak digunakan dan mana yang tidak. Sebagai contoh untuk perambah ada pilihan gnome-nautilus, mozilla firefox, opera, iceweasel, dolphin, epiphany serta masih banyak lagi perambah yang ada di repositori. Masih banyak contoh pilihan aplikasi di repositori yang bebas dipergunakan untuk keperluan pengguna sistem operasi ubuntu ini.

Kelebihan ketiga adalah tersedianya pembaharuan yang dapat dipasang pada sistem operasi ubuntu tersebut. Pembaharuan yang dimaksud adalah paket-paket aplikasi versi terbaru yang telah diperbaiki dan diperbaharui baik di sisi keamanan, keandalan, kecepatan dan lain-lain. Pembaharuan ini dikendalikan pula dengan menggunakan APT sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya. Pembaharuan tidak hanya tersedia untuk paket-paket aplikasi, namun juga keseluruhan distribusi. Setiap kali diluncurkan versi terbaru dari distribusi ubuntu maka pengguna tidak perlu melakukan proses installasi ulang melainkan cukup melakukan pembaharuan pada sistemnya sehingga tidak perlu melakukan konfigurasi ulang.

Kelebihan keempat adalah bahwa distribusi debian terkenal akan kestabilan dan kualitasnya terutama di sisi server. Ubuntu mempertahankan reputasi ini dalam menyediakan layanan-layanan terbaik untuk sebuah sistem operasi server dengan menyediakan paket-paket aplikasi server yang berkualitas dan dapat diandalkan.(Pradhana, 2010)

Selain kelebihan sebagai warisan dari distribusi debian, ubuntu memiliki ciri khas tersendiri yang juga merupakan nilai lebih dari sistem operasi ini. Berbagai kelebihan ubuntu sebagaimana nampak pada gambar sebelumnya diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Predictable life-cycle
  • Enterprise integration
  • Software partners
  • Support & certification
  • Hardware certification

Satu kelebihan sistem operasi ubuntu yang tidak dimiliki distribusi linux lainnya adalah adanya siklus yang terprediksi sebagaimana janji Canonical yang akan selalu meluncurkan versi terbaru ubuntu setiap enam bulan sekali. Peluncuran versi baru ini disertai paket-paket aplikasi terkini dilengkapi dengan berbagai pengembangan serta yang tak kalah penting adalah penggunaan kernel linux terbaru yang telah teruji kestabilannya. Setiap dua tahun sekali pihak Canonical meluncurkan versi ubuntu untuk Long Term Service (LTS) yang memiliki siklus hingga enam tahun untuk server sehingga pengguna dapat memperkiraan pemilihan versi yang paling tepat untuk sistem yang hendak dibangun.

Kelebihan kedua adalah adanya integrasi dengan perusahaan dalam hal ini Canonical. Berbeda dengan debian yang murni dikembangkan dari komunitas, ubuntu memiliki payung perusahaan ternama yang mengkoordinir serta membiayai keseluruhan pengembangan sistem operasi ubuntu sehingga lebih terarah dan relatif pesat perkembangannya. Canonical selain mengembangkan juga menyediakan distribusi ini secara gratis serta bebas dalam bentuk CD sehingga siapapun dapat mendapatkannya cukup dengan memesan melalui internet tanpa dipungut biaya dari pihak Canonical.

Selain Canonical sebagai pemegang nama ubuntu, masih banyak perusahaan lain sebagai corporate partner yang menyediakan aplikasi-aplikasi sehingga dapat dipergunakan pada sistem operasi ubuntu. Sebagai salah satu contoh adalah Sun Microsystem yang menyediakan open office sebagai aplikasi perkantoran umum yang telah dipergunakan sebagai aplikasi bawaan pada ubuntu. Aplikasi ini sangat efektif dan bermanfaat bagi para pengguna ubuntu. Selain open office, terdapat pula netbeans yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemrograman menggunakan bahasa pemrograman java. Beberapa perusahaan ternama yang tercatat sebagai gold partners diantaranya adalah Centrify, Command Prompt Inc, Eucalyptus Systems Inc, Fluendo, Likewise ® Software, MySQL Ab, Openbravo, Parallels, RealNetworks Inc, Unison, Vmware, Zarafa Deutschland Gmbh, dan Zimbra.

Serta masih banyak software partners lain yang menyediakan aplikasi cuma-cuma untuk disertakan pada repositori ubuntu sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pengguna sistem operasi ini.
Kelebihan lain adalah adanya support dan sertifikasi yang dikelola oleh pihak Canonical. Tercatat ada berbagaitraining partners yang telah bermitra dengan Canonical yang tersebar di seluruh dunia untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan dalam pengoperasian sistem operasi ubuntu server serta melakukan uji sertifikasi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Obsidian, Afrika Selatan
  2. GeeGo Education, Taiwan
  3. Tieturi Oy, Findlandia
  4. IB-Groupe Cegos, Perancis
  5. TraiCen Computer Training & Consulting Gmbh, Jerman
  6. ATComputing, Belanda
  7. Redpill Linpro AS, Norwegia
  8. ALTKOM Akademia S.A, Polandia
  9. Eureca Training Center, Rusia
  10. QA Group Ltd, Inggris
  11. Savoir-Faire Linux, Amerika

Dan masih banyak lagi penyedia layanan pelatihan seputar ubuntu baik yang merupakan mitra Canonical maupun bukan. Selain itu yang tidak dapat dipungkiri lagi adalah dukungan komunitas yang luar biasa besar. Sebagai distribusi linux paling populer di dunia, ubuntu memiliki pengguna yang sangat banyak tersebar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Ubuntu-id sebagai salah satu komunitas lokal pengguna ubuntu memiliki anggota ribuan dan tersebar di seluruh pelosok nusantara sehingga dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengguna baru yang menghadapi permasalahan dalam menggunakan sistem operasi ini.

Kelebihan lain pada sistem operasi ubuntu server adalah adanya sertifikasi di sisi perangkat keras yang jarang dimiliki distribusi linux lainnya. Kelebihan ini membantu pengguna dalam menentukan pilihan dalam pengadaan komputer maupun perangkat keras server sebelum dipasang dengan sistem operasi ubuntu. Hal ini akan mendukung proses pengembangan sistem informasi yang stabil, handal serta efektif dan efisien sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Ubuntu server sebagai sistem operasi server tak lepas kaitannya dengan berbagai aplikasi-aplikasi yang tersedia dalam hal menyediakan layanan. Berbagai aplikasi server tersedia untuk dapat dipergunakan pada ubuntu server mulai dari sistem web server, basis data, file sharing hingga berbagai perangkat lunak penyedia layanan lain yang sering dipergunakan diatas sistem operasi ubuntu server.

Ubuntu server sebagaimana dijelaskan sebelumnya memiliki dukungan terhadap jaringan yang begitu luas. Ubuntu server sebagai sistem berbasis linux menggunakan TCP/IP sebagai protokol komunikasi antar komputer. Dalam hal ini selain sebagaiclient pada jaringan, ubuntu server juga dapat memberikan layanan di bidang jaringan. Layanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Routing
  • Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)
  • Domain Name Service (DNS)
  • Proxy Server
  • Firewall
  • OpenSSH Server
  • File Sharing
  • FTP Server
  • Web Server
  • Databases Server
  • Email Services

Perihal ridhanu
I'm Network Engineer, Bankir, Born May 12, 1988 on Barabai. My twitter: @ridhanu, facebook: ridhanu@yahoo.co.id, mobile phone: 0852 4936 4064, email: ridhanu@gmail.com

One Response to Ubuntu Server

  1. akbar mengatakan:

    permisi mas..klo boleh tau paket-paket yang ada di ubuntu server apa aja ya..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: