Cara Kerja Replikasi


Berikut adalah tiga bagian dasar dari cara kerja replikasi di MySQL secara umum:
1. Master mencatat perubahan data dalam binary log. (Catatan ini disebut binary log events.)
2. Slave menyalin aktivitas binary log master ke relay log nya.
3. Slave merespon proses di relay log dan kemudian mengubah data pada basis datanya sendiri.
Bagian dasar ini hanya gambaran dari beberapa langkah proses replikasi dari bagian yang cukup kompleks. Gambar di bawah menggambarkan replikasi lebih terinci.

Bagian pertama dari proses ini adalah penulisan binary log di master. Tepat sebelum setiap transaksi terbaru melengkapi data pada master, master mencatat perubahan dalam binary log nya. MySQL menulis transaksi secara berurutan dalam binary log ini, bahkan jika laporan dalam transaksi tersebut terselip selama proses terjadi. Setelah menulis events pada binary log, master kembali memberitahu mesin penyimpanan untuk melakukan transaksi.
Langkah berikutnya adalah bagi slave untuk menyalin binary log master ke hard-drivenya, yang biasa disebut relay log. Di mulai dengan susunan pekerja, yang disebut thread slave I/O. Thread I/O membuka koneksi klien agar bisa terhubung ke master, kemudian mulai proses khusus binlog dump. Proses binlog dump membaca transaksi dari binary log master. Jika sudah mengambil semua data di master, thread ini diam dan menunggu master memberi sinyal lagi ketika ada events baru. Lalu thread I/O ini mencatat events ke relay log slave.
Slave SQL thread menangani bagian terakhir dari proses. Thread ini membaca dan merespon events dari relay log, sehingga memperbarui data slave agar sesuai dengan master. Selama thread ini terus sesuai dengan thread I/O, relay log biasanya tetap dalam bagian cache sistem operasi, sehingga relay log memiliki overhead yang sangat rendah. (Baron Schwartz, 2008)

Perihal ridhanu
I'm Network Engineer, Bankir, Born May 12, 1988 on Barabai. My twitter: @ridhanu, facebook: ridhanu@yahoo.co.id, mobile phone: 0852 4936 4064, email: ridhanu@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: