High-availability Cluster


High-availability clusters (juga dikenal sebagai HA Cluster atau Failover Cluster) adalah komputer cluster yang diterapkan dengan tujuan utama untuk memberikan layanan ketersediaan resource pada server. Sistem ini di rancang untuk menghindari SPOF (Single Point of Failure), yaitu kondisi ketika komputer mengalami ganguan, seketika itu layanan tidak tersedia.

Pada sistem ini terjadi redudancy pada data masing-masing server. Hal ini di desain untuk menjaga ketersediaan data sebagai back-up data pada server. Namun demikian redudancy data ini juga di maksudakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap server satu dengan yang lain. Ketika sebuah server sudah normal atau sudah di perbaiki, maka akan terjadi sinkronisasi antar server-server dalam jaringan tersebut, sehingga masing-masing server memiliki resource yang identik. (Ilyas, 2009)

Perihal ridhanu
I'm Network Engineer, Bankir, Born May 12, 1988 on Barabai. My twitter: @ridhanu, facebook: ridhanu@yahoo.co.id, mobile phone: 0852 4936 4064, email: ridhanu@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: