Binary Log


Query log adalah log atau catatan yang berisi semua sintak umum pada mysql, semua koneksi pada mysql, semua sintak SQL dan kejadian-kejadian yang terjadi saat mysql dibuka sampai mysql ditutup. Query log tidak diaktifkan saat kita menginstall mysql kita pada computer.

Binary log adalah log atau catatan yang berisi semua perintah update atau apa saja yang membuatnya seperti proses update ( misalnya saat proses delete, karena proses delete merubah data). Semua perintah disimpan dalam bentuk event yang menjelaskan perubahan atau proses update. Binary log ini berisi seberapa jauh tiap perintah melakukan update data. Lalu kegunaannya apa ? Yang saya tahu ada 2 kegunaan mendasar yaitu :

1. Untuk proses Replication Database, jadi binary log ini digunakan oleh server master untuk menyimpan tiap perintah yang akan dikirim ke server slave. Server master mengirim event log ke dalam binary log yang ada di server slave, sehingga dengan binary log pada server slave itu, si server slave juga mengalami apa yang dialami oleh server master. Lengkapnya nanti ta posting,insyaAllah.
2. Salah satu proses recovery / restore menggunakan binary log. Jadi setelah data backup telah di restore, event pada binary log dimana sebelumya telah disimpan setelah proses backup dibuat. Event itu akan membuat database restore menjadi up to date di proses backup.

Perihal ridhanu
I'm Network Engineer, Bankir, Born May 12, 1988 on Barabai. My twitter: @ridhanu, facebook: ridhanu@yahoo.co.id, mobile phone: 0852 4936 4064, email: ridhanu@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: