Perbedaan Hard Disk ATA, SATA, SCSI, dan SAS


1. ATA

ATA merupakan tipe drive yang paling populer digunakan oleh PC pada umumnya. Standar tipe ATA tahun 1986 dengan menggunakan 16 bit paralel dan terus berkembang dengan penambahan kecepatan transfer dan ukuran sebuah disk. Standar terakhir adalah ATA-7 yang dikenalkan pertama kali padatahun 2001 oleh komite T13(komite yang bertanggung jawab menentukanstandart ATA). Tipe ATA-7 memiliki data transfer sebesar 133 MB/sec. Kemudian selama tahun 2000 ditentukan standar untuk paralel ATA yang memiliki data rate sebesar 133 MB/sec, tapi paralel ATA terdapat banyak masalah hal singnal timin, EMI(electromognetic interference) danintergitas data. Kemudian para industri berusaha menyelesaikan masalahyang di timbulkan oleh paralel ATA dan di buat standar baru yang disebut Serial ATA (SATA).

Advanced Technology Attachment (ATA) menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan power yang berbeda.

Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data danmembutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Sedangkan SATA adalah 120 GB western Digital Model mempunyai lebar setengah inci, 7 connector data connection sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kebel datanya. Kabel data SATA mempunyai panjang maksimal 1 meter(39.37 inci) lebih panjang dari ATA yang hanya 18 inci.

2. SATA

SATA merupakan interface hard disk yang menggunakan teknologi serial, dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV. Kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec.

SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehinga dapat mematikan dan menyalakan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer. Sedangkan dalam harga, drive SATA lebih mahal sedikit dibandingkan drive ATA. Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.

 3. SCSI

Small Computer System Interface (SCSI) adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya.

SCSI banyak terdapat di hard disk dan tape drive. Namun, SCSI juga terdapat pada scanner, printer, dan peranti optik (DVD, CD, dan lainnya). Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independent sehingga secara teoritis SCSI bisa diterapkan di semua tipe hardware.

 4. SAS

Hard Disk tipe SAS sebenarnya pengganti hard disk tipe SCSI. SAS memiliki Performance baik dalam kondisi apapun serta kemampuan yang lebih jika dibandingkan dengan Hard disk SATA.

Hard Disk SAS juga memiliki tingkat kerusakan 1.6 juta jam jika dibandingkan dengan 1.2 juta jam pada hard disk SATA. Untuk SAS memiliki waktu sekitar 136 tahun lebih banyak jika dibandingkan dengan SATA yang memiliki sekitar 182 Tahun.

Perihal ridhanu
I'm Network Engineer, Bankir, Born May 12, 1988 on Barabai. My twitter: @ridhanu, facebook: ridhanu@yahoo.co.id, mobile phone: 0852 4936 4064, email: ridhanu@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: