6 Tips Kelola Uang dari Orang Terkaya Ketiga di Dunia


Siapa yang tidak kenal dengan Warren Buffet, pengusaha dan investor dari Amerika Serikat (AS) yang sangat sukses. Saat ini ia tercatat sebagai orang paling tajir nomor 3 di dunia versi majalah Forbes.

Warren merupakan CEO Berkshire Hathaway, perusahaan induk yang memiliki banyak anak usaha dan portofolio saham di banyak perusahaan kelas dunia, seperti Dairy Queen, Heinz, Coca-Cola, dan IBM.

Dikenal karena filosofi investasinya yang sangat kuat dan sifatnya yang sangat hemat, Warren Buffet mengajarkan kita banyak hal seputar pengelolaan keuangan. Berikut ini adalah 6 tips yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda seperti dikutip dari MyWealth milik Citigroup.

  • Do not depend on a single income. Invest and create a second, third source of income.”

Terjemahan sederhananya adalah jangan bergantung pada satu sumber penghasilan saja. Bagi Anda yang masih muda, selain menabung, sebaiknya Anda juga dapat mulai berinvestasi.
Tabungan dan investasi ini dapat berperan sebagai penghasilan kedua, sehingga Anda punya pegangan lain selain  pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan Anda.
Hal ini dapat membantu Anda berdiri sendiri di masa yang akan datang, dan semakin cepat Anda bisa melakukannya, semakin baik.

  • If you buy things you do not need, you may soon have to sell things you need.”

Di era yang semakin konsumtif seperti sekarang, kalimat ini rasanya merupakan pengingat yang baik untuk mengendalikan pengeluaran Anda. Mari belajar untuk memilah dengan tepat apa yang memang menjadi kebutuhan dan apa yang hanya sekedar keinginan.

  • Do not save what is left after spending, instead spend after you save/invest.”

Ingat, jangan sampai terbalik ya. Jangan menabung dari sisa setelah Anda berbelanja, namun prioritaskan menabung dan berinvestasi dahulu, setelah itu baru Anda bisa pikirkan untuk belanja. Hal ini juga disebut dengan istilah ‘Pay Yourself First’.

  • Never test the depth of the river with both your feet.”

Kalau Anda ingin mencoba melakukan sesuatu, mulainya dengan langkah kecil. Jika Anda ingin berinvestasi untuk pertama kalinya, mulailah dengan 10% dari penghasilan Anda terlebih dahulu selama 5 tahun, baru setelah itu tingkatkan sesuai dengan kemampuan Anda.

  • Do not put all eggs in one basket.”

Selalu buat portofolio investasi yang beragam. Jangan hanya mengandalkan pada satu jenis investasi saja. Buat portofolio yang terdiri dari saham, obligasi, ekuitas, serta asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Ingat, investasi Anda juga harus disesuaikan dengan profil risiko Anda ya.

  • Honesty is expensive, do not expect it from cheap people.”

Tidak semua orang yang Anda temui jujur, dan tidak semua orang ingin menjadi jujur. Penasehat yang jujur sangat sulit ditemui, terutama dalam health & wealth, karena itu Anda harus selalu berhati-hati.

Perihal ridhanu
I'm Network Engineer, Bankir, Born May 12, 1988 on Barabai. My twitter: @ridhanu, facebook: ridhanu@yahoo.co.id, mobile phone: 0852 4936 4064, email: ridhanu@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: